MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SANDRA HELINGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Iv
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412182/meningkatkan-kemampuan-siswa-berbicara-melalui-penerapan-model-snowball-throwing-di-kelas-iv-sdn-4-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Sandra Helingo. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : "Apakah Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo Dapat Meningkat?" Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah"jika guru menggunakan model Snowball Throwing maka kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat". Hasil penelitian tindakan kelas pada observasi awal diperoleh data, dari 38 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 10 orang siswa (26,3%) dapat dikatakan memiliki kemampuan berbicara. Sedangkan pada siklus I diperoleh data bahwa dari 38 jumlah siswa dikenai tindakan hanya 15 orang siswa (39,4%) yang memiliki kemampuan berbicara, pada siklus II meningkat menjadi 30 orang (78,9%) atau dikatakan sudah memiliki kemampuan berbicara. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Snowball Throwing kemampuan siswa berbicara di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Berbicara, Snowball Throwing