PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 4 TELAGA

Main Author: RAHMAWATY MAARUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Ips
Di
Iv
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412181/pemanfaatan-lingkungan-sekolah-sebagai-sumber-belajar-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-iv-sdn-4-telaga.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmawaty Maaruf, 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. HakopWalangadi, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Telaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Telaga. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa guru SDN 4 Telaga sudah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan baik tapi masih menemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk siswa. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, IPS