MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN PERSUASI MELALUI MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN 2 BONGOMEME KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | ABD. YAYAN TUNA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412164/meningkatkan-kemampuan-siswa-dalam-menulis-karangan-persuasi-melalui-media-visual-di-kelas-v-sdn-2-bongomeme-kecamatan-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Abd. Yayan Tuna, 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Persuasi melalui Media Visual di Kelas V SDN 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan Media Visual dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Persuasi di Kelas V SDN 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan persuasi melalui media visual. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil menulis karangan persuasi 15 orang siswa yang mampu atau 48,38 % dari 31 jumlah siswa keseluruhan, pada siklus I kemampuan siswa mengarang persuasi menggunakan media visual meningkat menjadi 18 orang atau 58 %. Selanjutnya pada siklus II peningkatan kemampuan mengarang persuasi siswa mencapai 94 % atau 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan persuasi dapat ditingkatkan melalui media visual. Kata kunci: Karangan Persuasi, Media visual