PENERAPAN KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI KELAS II SDN 5 BATUDAA KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: NOVARIANTI DJIBRAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Ii
Sdn
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412159/penerapan-keterampilan-mengelola-kelas-dalam-meningkatkan-disiplin-belajar-siswa-di-kelas-ii-sdn-5-batudaa-kecamatan-batudaa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Novarianti Djibran. 2016. Penerapan Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa dengan penerapan keterampilan mengelola kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan jumlah siswa 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan siklus I pertemuan I dan II belum sesuai dengan yang diinginkan, sehingga dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan siklus II. Siklus II pertemuan II, hasilnya meningkat yaitu, tidak makan dan minum di kelas 100%. Mengerjakan tugas yang diberikan guru, 15 orang atau 96% termasuk kategori disiplin, 1 orang atau 6% termasuk kategori tidak disiplin. Tidak mengganggu teman sebangku, 14 orang atau 88% termasuk kategori disiplin, 2 orang atau 12% termasuk kategori tidak disiplin. Tidak ribut di dalam kelas, 12 orang atau 88% termasuk kategori disiplin, 2 orang atau 12% termasuk kategori tidak disiplin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengelola kelas dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Keterampilan mengelola kelas, disiplin belajar.