PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS V SDN 13 ATINGGOLA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: WAHYUNI PULUMODUYO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
V
Sdn
13
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412154/penerapan-metode-demonstrasi-dalam-membaca-puisi-pada-siswa-kelas-v-sdn-13-atinggola-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wahyuni, Pulumoduyo. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam membaca puisi pada siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam membaca puisi pada siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, dengan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru dan siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, ternyata sebagian besar dari 16 orang siswa, yang mampu membaca puisi ada 13 siswa atau 81% dan yang kurang mampu membaca puisi ada 2 siswa atau 12% , sedangkan yang tidak mampu membaca puisi 1 orang siswa atau 6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru, dapat membuat siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara lebih berani dan baik dalam membacakan puisi di depan kelas. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Puisi