MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 DUNGINGI KOTA GORONTALO

Main Author: SERLA R. SAHABUDIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ips
Di
V
Sdn
18
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412103/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-kooperatif-tipe-think-pair-share-tps-pada-pembelajaran-ips-di-kelas-v-sdn-18-dungingi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Serla R. Sahabudin. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Koperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V 18 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. SI-PGSD FIP UNG. Pembimbing I : Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si Pembimbing II : Muhammad Sarlin M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian tindakan dilaksanakan di kelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo dengan subjek siswa 30 orang dengan tahapan penelitian yakni perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Tingkatan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya mencapai 50% dari 30 orang siswa yang memiliki ketuntasan pada mata pelajaran. Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,67% yaitu 21 siswa yang memiliki ketuntasan dan 9 orang belum mencapai ketuntasan. Siklus II sebanyak 89,78% yaitu 27 orang siswa yang telah mencapi ketuntasan dan 12,50% atau 3 orang siswa belum mencapai ketuntasan terhadap pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 18 Dungingi Kota Gorontalo.. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Model Think Pair Share