Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo

Main Author: YULIANA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
V
Di
Sdn
56
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412097/meningkatkan-kemampuan-membaca-puisi-melalui-media-audio-visual-siswa-kelas-v-di-sdn-56-dumbo-raya-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yuliana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui media audio visual siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah 26 orang siswa. Berdasarkan hasil observasi awal terdapat 9 orang siswa yang mampu membaca puisi atau 35% dari 26 orang jumlah keseluruhan. Setelah dilakukan siklus I kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembentuk puisi melalui media audio visual meningkat menjadi 58% atau 15 orang yang mampu. Pada siklus II memperoleh hasil peningkatan kemampuan membaca puisi mencapai 92 % atau 24 orang siswa yang mampu membaca puisi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V di SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Puisi, Media Audio Visual