Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | ALIF KARUNIA PUTRI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412081/meningkatkan-minat-belajar-siswa-melalui-penggunaan-media-pembelajaran-audio-visual-pada-mata-pelajaran-ipa-kelas-v-sdn-3-limboto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Putri, Alif Karunia. 2016. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas(PTK). Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan bahwa minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran audio visual ditinjau dari aspek kesukacitaan terdapat 23 orang siswa atau (88,46%) yang termasuk kategori berminat, dan 3 orang siswa atau (11,53%) yang termasuk kategori tidak berminat, aspek ketertarikan terdapat 25 orang siswa atau (96,15%) yang termasuk kategori berminat, dan 1 orang siswa atau (3,84%) yang termasuk kategori tidak berminat, aspek perhatian terdapat 24 orang siswa atau (92,30%) yang memperoleh kategori berminat, dan 2 orang siswa atau (7,69%) yang memperoleh kategori tidak berminat, dari aspek keterlibatan terdapat 26 orang siswa atau (100%) yang memperoleh kategori berminat, dan 0 orang siswa atau (0,00%) yang memperoleh kategori tidak berminat terhadap mata pelajaran IPA. Dari hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual Kata Kunci : Minat Belajar, Media Audio Visual