PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 16 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Main Author: MEYSRAN AMIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ipa
Di
Iv
Sdn
16
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412076/pengaruh-metode-eksperimen-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-pembelajaran-ipa-di-kelas-iv-sdn-16-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Amir, Meysran. 2016. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si, dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian pra-eksperimen (statis dua kelompok). Berdasarkan post-test nilai thitung sebesar 2,54 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,031. Dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar, metode eksperimen dan pembelajaran IPA.