MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS V SDN 1 BINTAUNA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Main Author: | SRIFANNY MOKODENSEHO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412075/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-cerpen-melalui-metode-latihan-di-kelas-v-sdn-1-bintauna-kabupaten-bolaang-mongondow-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Srifanny Mokodenseho. 2016. Meningkatkan Kemampuan siswa Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan di Kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah "apakah dengan metode latihan di Kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kemampuan siswa menulis cerpen dapat meningkat?" Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen melalui metode latihan. Desain penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunaan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes kemampuan menulis dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang mampu dari hasil yang dicapai pada siklus I hanya 66,6% atau 16 siswa. Sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, kemampuan siswa mencapai 83,3% atau 20 siswa. Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Disimpulkan bahwa dengan Meningkatkan Kemampuan siswa Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan di kelas V SDN 1 Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat diterima. Kata Kunci : Menulis Cerpen, Metode Latihan