METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN PKn (STUDI KASUS DI SDN NO.84 KOTA TENGAH)
Main Author: | INDAH KURNIAWATI TOLINGGUHU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412061/metode-ceramah-dan-tanya-jawab-pada-pembelajaran-pkn-studi-kasus-di-sdn-no84-kota-tengah.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indah K. Tolingguhu. 2016. Metode Ceramah dan Tanya Jawab Pada Pembelajaran PKn (Studi Kasus di SDN No.84 Kota Tengah). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana metode ceramah dan tanya jawab pada pembelajaran PKn di SDN 84 Kota Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode ceramah dan tanya jawab pada Pembelajaran PKn di SDN 84 Kota Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari proses pengambilan data dengan menggunakan observasi serta dokumentasi maka dapat diperoleh bahwa materi yang akan di ajarakan dalam pembelajaran PKn disesuaikan dengan pemiihan metode, adapun penggunaan metode ceramah dan tanya jawab sering di gunakan oleh sebagian besar guru, hal ini membuat guru yang lebih aktif dan siswa menjadi pasif. Dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab mampu menambah pemahaman kepada siswa tentang materi yang di ajarkan, selain itu metode ceramah dan tanya jawab perlu juga di selingi dengan metode pembelajaran lainnya sehingga siswa tidak bosan dalam kelas khususnya pada mata pelajaran PKn yang merupakan mata pelajaran yang dapat membentuk karakter dan sikap siswa itu sendiri, dalam pembelajaran PKn tidak hanya sekedar pengetahuan namun juga harus mempunyai keterampilan dan sikap yang baik. Pada hakekatnya untuk pelajaran PKn mempunyai banyak materi yang bersifat teoritis yang harus dijelaskan secra ceramah yang di dalamnya dikolaborasikan dengan metode lain. Kata kunci : Metode Ceramah, Tanya Jawab, PKn