MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI GAME EDUKASI DI KELAS I SDN 7 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | NURDIYAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412032/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-permulaan-melalui-game-edukasi-di-kelas-i-sdn-7-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- Nurdiyah, 2016. Meningkatakan kemampuan siswa membaca permulaan melalui game edukasi di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone bolango, skripsi, Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani suleman, M. Hum. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan Game Edukasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di Kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan menggunakan Game Edukasi di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango . Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi dan tes. Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca permulaan hanya 9 orang siswa yang mampu atau 43 % dari 21 jumlah siswa keseluruan, kemudian pada siklus I kemampuan membaca permulaan menggunakan Game Edukasi meningkat menjadi 62% atau 13 orang siswa yang mampu. Selanjutnya Pada siklus II memperoleh hasil peningkatan kemampuanmembaca permulaan siswa mencapai 86 % atau 18 orang siswa yang mampu.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan Game Eduka pada siswa di kelas I SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango hasil kemampuan membaca permulaan mereka meningkat. Kata kunci : Membaca Permulaan, Game Edukasi.