PENERAPAN MODALITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SDN 2 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | USWATUN KHASANAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412019/penerapan-modalitas-belajar-dalam-meningkatkan-kemampuan-membaca-permulaan-siswa-kelas-i-di-sdn-2-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Uswatun Khasanah, 2016. Penerapan Modalitas Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah Penerapan Modalitas Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui modalitas belajar kelas I di SDN 2 Kabila. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca dari 18 siswa hanya 4 orang siswa yang mampu (22%), kemudian pada siklus I kemampuan membaca menggunakan modalitas belajar meningkat menjadi 61% atau 11 orang siswa yang mampu. Selanjutnya pada siklus II memperoleh peningkatan kemampuan membaca siswa mencapai 16 orang siswa (89%) yang mampu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan modalitas belajar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Modalitas Belajar