Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Di Kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo
Main Author: | ISKANDAR RADJULANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412014/pengaruh-penggunaan-pendekatan-matematika-realistik-terhadap-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sifat-sifat-bangun-ruang-di-kelas-v-sdn-no-84-kota-tengah-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Radjulani, Iskandar.2016.Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang Di Kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo?". Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian yang dilaksanakan, menunjukkan bahwa setelah hasil belajar siswa diuji dengan rumus t dependen, diperoleh thitung 80,10 dan ttabel 2,093, jadi thitung lebih besar dari ttabel, sehingga sesuai dengan hipotesis penelitian yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar, Bangun Ruang, Pendekatan Matematika Realistik