MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MIS AL-IKHLAS PAYUNGA KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | SRIDELLA T.AS.TOWADI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411487/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-perubahan-sifat-benda-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-group-investigation-pada-siswa-kelas-v-mis-al-ikhlas-payunga-kecamatan-batudaa-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sri Della T.AS Towadi, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Sifat Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V MIS Al-Ikhlas Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang belum maksimal dan kurang intensif dilaksanakan pada Madrasah Iftidaiya Swasta (MIS) Al-Ikhlas Payunga dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas V MIS Al-Ikhlas Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Hasil belajar IPA siswa pada siklus I, berdasarkan indikator yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan belum berhasil karena masih terdapat 25% (4 orang) yang belum mencapai indikator yang ditetapkan atau baru 75% (15 orang) dari jumlah peserta yang mencapai indikator yang telah ditetapkan (80% siswa telah memperoleh nilai minimal 70). Sedangkan pada pembelajaran siklus II, dapat disimpulkan sudah berhasil karena tidak ada lagi siswa yang belum mencapai indikator yang ditetapkan (minimal nilai 70) atau sudah 100% dari jumlah siswa yang telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Sesuai dengan analisa data yang telah dilakukan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui penggunaan model Kooperatif Tipe Group Investigation ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIS Al-Ikhlas Payunga. Kata Kunci. Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation