Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Di Kelas III SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato

Main Author: YULIANINGSIH WAHAB
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411478/meningkatkan-pemahaman-belajar-siswa-melalui-penggunaan-media-audio-visual-di-kelas-iii-sdn-inpres-padengo-kecamatan-dengilo-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yulianingsih Wahab. 2014. Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Di Kelas III SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman belajar siswa melalui penggunaan media audio visual di Kelas III SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo dapat meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui penggunaan media audio visual di kelas III SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, bahwa jumlah siswa yang telah memiliki pemahaman belajar siswa hanya mencapai 14 orang atau 46,15%. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, jumlah siswa yang memiliki pemahaman belajar meningkat menjadi 24 orang atau 84,62%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Jika guru menggunkan media audio visual maka pemahaman belajar siswa di kelas III SDN Inpres Padengo Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan" terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman, Media Audio Visual.