Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato
Main Author: | DJONI WOLTER KOWAAS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411473/meningkatkan-keterampilan-siswa-menulis-karangan-melalui-pendekatan-kontekstual-di-kelas-v-sd-inpres-bohusami-kecamatan-wanggarasi-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Djoni W. Kowaas. 2013. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan melalui pendekatan kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Hasil penelitian yaitu; 1) Setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti pada siklus II indikator kinerja yang ditetapkan yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang terampil dalam menulis karangan hanya sebanyak 2 siswa (12.5 %) meningkat menjadi 12 siswa (80%) dari jumlah 15 siswa. Sedangkan 3 atau (20%) siswa merupakan jumlah siswa yang tidak mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual keterampilan siswa kelas V SD Inpres Bohusami dalam menulis karangan dapat diterima. Kata Kunci : Keterampilan Siswa, Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual