Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo

Main Author: FATMAWATY HUSIN MILE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
17
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411466/meningkatkankemampuan-menentukan-kelipatan-persekutuan-terkecil-kpk-melalui-modelpembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-siswa-kelas-iv-sdn-17-limbotokabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FATMAWATY HUSIN MILE, NIM, 151 411 466. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo , Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Ismail Pioke,S.Pd,M.Pd, dan Pembimbing II Dr.Hj.Asni Ilham,S.Pd,M.Si. Rumusan masalah dalam penelititan ini adalah Apakah kemampuan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) pada siswa kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh nilai dari jumlah siswa 24 orang yang dikenai tindakan hanya 10 orang siswa atau 41.67% mampu menentukan KPK dan 14 orang siswa atau 58,33% tidak mampu menentukan KPK sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa atau 87.5% mampu menentukan KPK dan 3 orang siswa atau 12,5% tidak mampu menentukan KPK. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw kemampuan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) pada siswa kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. KATA KUNCI: Kemampuan , Jigsaw, KPK