Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | SARTONO JAKARIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411459/meningkatkan-keterampilan-menulis-surat-melalui-model-think-pair-share-tps-pada-siswa-kelas-iv-sdn-25-limboto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sartono Jakaria. 2014.Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program S-I Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad,S.Pd. M.Pd. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pada siswa kelas IV SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Juli - November 2013.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Kemampuan menulis surat di Kelas IV SDN 25 Limboto Kecamatan Limboto Kecamatan Limboto yang dapat dibuktikan dengan gambaran bahwa siswa terdiri dari 20 orang 15 orang yang mampu menulis surat pada observasi awal berjumlah 6 orang (30%) dan pada siklus I berjumlah 8 orang (40%) sedangkan pada siklus II berjumlah 15 orang (75%). Kata Kunci : Keterampilan menulis surat dan Model TPS