MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KATA MELALUI KARTU KATA PADA SISWA KELAS I SDN 1 BULALO KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: HASNAH BUMULO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
I
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411452/meningkatkan-kemampuan-menulis-kata-melalui-kartu-kata-pada-siswa-kelas-i-sdn-1-bulalo-kecamatan-kwandang-kabupatengorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasnah Bumulo. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan kartu melalui kemampuan menulis kata di kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kata melalui kartu pada siswa kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peningkatan kemampuan yang dicapai oleh siswa pada observasi awal 41.67%, siklus I meningkat menjadi 75%, dan siklus II meningkat menjadi 95.83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis kata melalui kartu kata pada siswa kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Kata, Kartu.