Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Round Club pada Siswa Kelas V SD Inpres Iloheluma Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato

Main Author: WATIYEM MAD SUKEMI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
V
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411450/meningkatkan-kemampuan-menyelesaikan-soal-cerita-bentuk-operasi-hitung-campuran-bilangan-bulat-melalui-model-pembelajaran-round-club-pada-siswa-kelas-v-sd-inpres-iloheluma-kecamatan-patilanggio-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Watiyem Mad Sukemi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Round Club pada Siswa Kelas V SD Inpres Iloheluma Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan model pembelajaran Round Club dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SD Inpres Iloheluma Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk operasi hitung campuran bilangan bulat melalui model pembelajaran Round Club Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasi di SD Inpres Iloheluma dan subjeknya siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa dengan komposisi 13 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil pada siklus I menunjukkan 15 siswa atau 55.56% telah mampu menyelesaikan soal cerita bentuk operasi hitung campuran bilangan bulat dan belum mampu sebanyak 12 siswa atau 44,44%. Pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa atau 81.48% yang telah mampu menyelesaikan soal cerita bentuk operasi hitung campuran bilangan bulat dan belum mampu sebanyak 5 orang atau 18,52 %. Perolehan hasil pada siklus II menunjukkan bahwa indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 78% dari 27 siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 65 ke atas telah tercapai. Untuk siswa yang belum mampu, diadakan remidial. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Round Club meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bentuk operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SD Inpres Iloheluma Kecamatan Patilanggio. Kata kunci : Kemampuan, soal cerita , operasi hitung campuran, Round Club