MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG LUAS TRAPESIUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 2 PULUBALA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: ASTIN PANIGORO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
V
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411449/meningkatkan-keterampilan-menghitung-luas-trapesium-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-pada-siswa-kelas-v-sdn-2-pulubala-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Astin Panigoro. 2013. Meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Ismail, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Hj. Asni Ilham, M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian pada observasi awal menunjukkan hanya terdapat 6 siswa atau 31.58% yang memiliki keterampilan baik dalam menghitung luas trapesium , pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa atau 63.16%, sedangkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 84.21%. Terkait temuan tersebut maka model pembelajaran koperatif tipe STAD hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD, keterampilan menghitung luas trapesium pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Keterampilan, luas trapesium, model Pembelajaran Koperatif tipe STAD.