MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI TEKS BACAAN SISWA KELAS IV SDN 10 MANANGGU KECAMATAN MANANGGU KABUPATEN BOALEMO

Main Author: YULYAN WARTABONE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411445/meningkatkan-kemampuan-membaca-nyaring-melalui-teks-bacaan-siswa-kelas-iv-sdn-10-mananggu-kecamatan-mananggu-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yulyan Wartabone, 2013. Meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui teks bacaan di kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program PPKHB, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Progran PPKHB, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I. Dr. Hj. Rusmin Husain S.Pd, M.Pd. Pembimbing II. Dra Hj. Evi Hasyim, M.Pd Rumusan penelitian adalah Apakah kemamapuan siswamembaca nyaring di kelas 1V SDN I0 Mananggu dapat ditingkatkan melalui teks bacaan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui teks bacaan di kelas 1V SDN 10 Mananggu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pada kegiatan belajar mengajar guru, hasil yang diperoleh pada siklus 1 dengan kriteria baik berjumlah 9 aspek atau 37,5%, pada siklus 2 meningkat menjadi 20 aspek atau 83%. Kegiatan siswa pada siklus 1 nilai baik yang diperoleh 50%, dan pada siklus 2 nilai baik meningkat menjadi 80%. Dengan tercapainya indikator kinerja yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 80% telah tercapai dengan rata-rata nilai 83 dari 18 orang siswa. Saran dalam penelitian ini adalah Setiap guru hendaklah mampu melaksanakan pembelajaran ini sebagai koreksi terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikelasnya sehingga pencapaian mutu pendidikan dapat ditingkatkan serta kualitas guru mengajar dapat dioptimalkan. Hendaklah dipahami dengan baik oleh guru sehingga pelaksanaanya tidak terjadi kesalahan dimana penelitian tindakan kelas ini benar-benar terarah serta mencapai hasil yang diharapkan. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Siswa, Teks Bacaan