MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIME TOKEN BAGI SISWA KELAS IV SDN 02 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO

Main Author: ANASTASYA MANGGAS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
02
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411442/meningkatkan-keterampilan-berbicara-melalui-model-kooperatif-time-token-bagi-siswa-kelas-iv-sdn-02-mananggu-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Anastasya Manggas, 2013. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Kooperatif Time Token Bagi Siswa Kelas IV SDN 02 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah Apakah penerapan model kooperatif time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN 02 Mananggu ?, dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif time token dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN 02 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I keterampilan berbicara siswa sebesar 50%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 70% siswa dapat berbicara. Dengan demikian disimpulkan bahwa model time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 02 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Model Time Token