MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN RESMI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 3 BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | YANTI H. IBRAHIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411432/meningkatkan-kemampuan-menulis-surat-undangan-resmi-melalui-model-think-pair-share-pada-siswa-kelas-v-sdn-3-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yanti H. Ibrahim. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Surat Undangan Resmi Melalui Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman M.Hum. Rumusan masalah Apakah kemampuan menulis surat undangan resmi melalui model Think Pair Share pada Siswa Kelas V SDN 3 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis surat undangan resmi melalui model Think Pair Share pada siswa kelas V SDN 3 Batudaa Pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan pada observasi awal kemampuan siswa menulis surat undangan resmi sebesar 55% pada siklus I kemampuan siswa menulis surat undangan resmi sebesar 67,86 %, pada siklus II meningkat menjadi 86,3%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 75% siswa dapat menulis surat undangan resmi. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat undangan. Kata kunci : Surat Undangan Resmi dan Model TPS