Meningkatkan kemampuan siswa menentukan pikiran pokok melalui model CIRC di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo

Main Author: AISA H. RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411418/meningkatkan-kemampuan-siswa-menentukan-pikiran-pokok-melalui-model-circ-di-kelas-iv-sdn-5-talaga-jaya-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Aisa Rahman. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menentukan pikiran pokok melalui model CIRC di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program PPKHB Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model CIRC kemampun siswa kelas IV SDN 5 Telaga Jaya menentukan pikiran pokok dapat meningkat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data observasi awal yang mampu sebanyak 3 orang siswa (13%) Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I ada 10 orang siswa (45%) yang mampu menentukan pikiran pokok dan pada siklus II siswa yang mampu menentukan pikiran pokok berjumlah 17 orang siswa (77%) . Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menentukan pikiran pokok melalui model CIRCdi kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo dengan hasil yang dicapai pada siklus II lebih meningkat dari hasil pelaksanaan tindakan siklus I dan hasil yang dicapai pada siklus II telah mencapai indikator kinerja maka peneliti tidak melakukan tindakan selanjutnya. Kata kunci : Kemampuan, pikiran pokok, model CIRC