MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PULUBALA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: TRY SURYANDARI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Dan
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411417/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-keragaman-suku-bangsa-dan-budaya-melalui-model-jigsaw-pada-siswa-kelas-iv-sdn-1-pulubala-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tri Suryandari.2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II:Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan model Jigsaw?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model jigsaw pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel input, proses dan output. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Jigsaw. Pada observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 8 siswa (40%) dari 20 siswa yang memiliki hasil belajar tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi14 siswa (70%). Selanjutnya pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 85 % atau 17 dari 20 siswa yang ada di SDN 1 Pulubala Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Jika digunakan Model Jigsaw mampu meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budayapada Siswa Kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Jigsaw.