MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS V SDN 23 PULUBALA KECAMATAN PULUBALA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | MASRIANY AJUB |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411416/meningkatkan-kemampuan-membaca-puisi-melaluimetode-latihan-pada-siswa-kelas-vsdn-23-pulubala-kecamatan-pulubalakabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masriany Ajub. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode latihan Pada Siswa Kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Dajani Suleman, M.Hum Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui model pembelajaran round table dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa Kelas SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui metode latihan pada siswa kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan tahap observasi awal tingkat rata-rata kemampuan siswa dalam membaca puisi hanya sebesar 40% atau 8 dari 20 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 65% atau 13 siswa. Selanjutnya pada siklus yang ke II terjadi peningkatan menjadi 85% atau 17 dari 20 orang siswa kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo yang dapat membaca puisi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca puisi dapat ditingkatkan melalui penggunaaan metode latihan. Terkait temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jika digunakan metode latihan, maka kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Puisi, Metode latihan