MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PUISI MELALUI SYAIR LAGU DI KELAS V SDN 6 LIMBOTO KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: YANTI ARIPIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
6
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411414/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-puisi-melalui-syair-lagu-di-kelas-v-sdn-6-limboto-kecamatan-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yanti Arifin. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi Melalui Syair Lagu Di Kelas V SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program PPKHB. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd. Pembimbing II. Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui syair lagu kemampuan siswa kelas V SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto dalam membaca puisi dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi melalui syair lagu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan data observasi awal ada 12% atau 3 siswa dari 25 siswa yang mampu membaca puisi. Pada siklus I meningkat menjadi 40% atau sebanyak 10 siswa dan pada siklus II menjadi 76% atau 19 siswa yang sudah mampu membaca puisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui syair lagu dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto dalam membaca puisi. Kata Kunci : kemampuan, membaca puisi dan syair lagu