MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN KELILING DAN LUAS JAJAR GENJANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 24 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | ABDUL GANI AHMAD KOEM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411407/meningkatkan-kemampuan-menentukan-keliling-dan-luas-jajar-genjang-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-pada-siswa-kelas-iv-sdn-24-limboto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Abdul Gani Ahmad Koem. 2013. MeningkatkanKemampuan Menentukan Keliling dan Luas Jajar Genjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division)PadaSiswa Kelas IV SDN 24 Limboto KabupatenGorontalo. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si. dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan menetukan keliling dan luas jajargenjang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment division) pada siswa Kelas IV SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Teams Achievment division) pada siswa kelas IV SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodePenelitianTindakanKelas (PTK).Latarpenelitianiniberlokasi di SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo dan subjeknya siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dengan komposisi 7 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalampenelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes dan dokumentasi dananalisis data yang digunakana dalahan alisis deskriptif. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus dengan 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantuan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatankemampuanmenentukan keliling dan luas jajargenjang.Capaiankemampuanpadasiklus I menunjukanbahwadari 20siswa yang dikenaitindakan12siswaatau63% yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 keatas sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan kesiklus II. Sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi17siswaatau 81.5% yang memperoleh nilai 70 keatas, dengan demikian indikator telah tercapai dan tindakan pembelajaran dianggap tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisiaon), kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang pada siswa kelas IV SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Kemampuan, keliling, luas, jajargenjang dan STAD (Student Teams Achievement Divisions)