Meningkatkan Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Tidak Baku Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: SITI ZULAIHA SALOEWA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411404/meningkatkan-kemampuan-menentukan-besar-sudut-dengan-satuan-tidak-baku-melalui-metode-demonstrasi-pada-siswa-kelas-iv-sdn-1-titidu-kecamatan-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Zulaiha Saloewa. 151 411 404. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Besar Sudut Dengan Satuan Tidak Baku Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, 2013. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku pada siswa kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dengan 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan reflesi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya 7 orang atau 63.64% siswa memperoleh nilai 70 ke atas dan 4 orang atau 36.36% belum mencapai indikator, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II meningkat menjadi 10 orang atau 90.91% siswa memperoleh nilai 70 ke atas dan 1 orang atau 0.90% belum mampu. Kesimpulan bahwa melalui metode demonstrasi kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku pada siswa kelas IV SDN 1 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Besar Sudut, Demonstrasi.