Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Tema Kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato

Main Author: DURCE RUITANG
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
1
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411403/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-permulaan-melalui-tema-kegemaran-di-kelas-1-sdn-karangetang-kecamatan-dengilo-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Durce Ruitang. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Tema Kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di kelas I SDN Karangetan Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. Data hasil menunjukan pada tahap observasi awal, dari 13 orang siswa terdapat 23.08% atau 3 orang siswa yang dapat membaca dengan baik, sementara siswa yang tingkat kemampuan membacanya masih rendah jumlahnya sebanyak 10 orang siswa 76.92%. kemudian pada siklus I, bahwa kemampuan siswa yang tuntas hanya mencapai 61.53% atau 8 orang siswa. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat sebesar 84.61% atau 11 orang siswa. Dengan perbandingan siklus I ke siklus II mencapai 75% peningkatan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pembelajaran Tematik kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Permulaan, Tema Kegemaran