MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS 3 SDN HUTADAA KECAMATAN TALAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | RATI PATAMANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411393/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-wujud-benda-melalui-metode-demonstrasi-di-kelas-3-sdn-hutadaakecamatan-talaga-jayakabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rati Patamani. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Demonstrasi di Kelas III SDN Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda di Kelas III SDN Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dapat meningkat melalui metode demonstrasi pada siswa Kelas III SDN Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil tindakan siklus I dengan menerapkan metode demonstrasi siswa yang sudah mampu atau yang tuntas mencapai 50% atau sekitar 15 orang siswa, dan yang belum tuntas sebanyak 15 orang siswa atau 50%. Selanjutnya pada tindakan siklus II untuk kategori tuntas meningkat menjadi 83,3% atau 25 orang siswa dan yang belum tuntas sekitar 5 orang siswa atau 16,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dapat meningkat melalui metode demonstrasi. Dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Perubahan Wujud Benda, Metode Demonstrasi