Meningkatkan hasil belajar tentang Lingkungan Sehat Pada Siswa Kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo

Main Author: REPLIN AHMAD KILO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iii
Sdn
7
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411392/meningkatkan-hasil-belajar-tentang-lingkungan-sehat-pada-siswa-kelas-iii-sdn-7-talaga-jaya-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Replin Ahmad Kilo. 2013. Meningkatkan hasil belajar tentang Lingkungan Sehat Pada Siswa Kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, MPd dan Pembibing II. Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah hasi belajar tentang lingkungan sehat dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang lingkungan sehat melalui metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsevasi, dan test . Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan, penelitian ini berlangsung dua siklus, pada siklus I yang memperoleh nilai 70 ke atas adalah13 orang (59,1%) dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 90,9% yang tuntas hasil belajarnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar tentang lingkungan sehat pada siswa kelas III S DN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Metode Bermain Peran