MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU DILINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS III SDN 1 POSSO KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: SURIATY MANUNGE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
Iii
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411378/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materi-aturan-aturan-yang-berlaku-dilingkungan-masyarakat-sekitar-melalui-model-pembelajaran-group-investigation-gi-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-iii-sdn-1-posso-kecamatan-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suriaty Manunge, 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Aturan-Aturan Yang Berlaku Dilingkungan Masyarakat Sekitar Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Pembelajaran PKn Di Kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar pada pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Pemahaman siswa pada tindakan siklus I dari 3 aspek yang dinilai terdapat 13 orang siswa atau 65% yang paham, dan 7 orang siswa atau 35%, yang tidak paham. Jika dibandingkan dengan hassil observasi awal yang hanya 8 orang atau 40% yang paham, berarti ada kenaikan 25%. Pada siklus II mengalami peningkatan dimana dari 3 aspek pengamatan pemahaman siswa pada tindakan siklus II, ada 16 orang siswa atau dengan persentase 80% mencapai pemahaman dengan baik sedangkan 4 orang siswa dengan persentase 20% tidak paham pada materi yang telah diajarkan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara pada materi aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar pada pembelajaran PKn. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Group Investigation (GI)