MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI KELAS III SDN 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | RETMI MOHAMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411369/meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa-melalui-pendekatan-komunikatif-di-kelas-iii-sdn-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Retmi Mohamad. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Pendekatan Komunikatif di Kelas III SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini pada "Apakah kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif di kelas III SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?" Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komuninkatif di SDN I Kabila Kabupaten Bone Bolango yang dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I dengan aspek Kelancaran berbicara 41.66% yang mampu,. Kemampuan berbicara 50.00 % yang mampu, Kenyaringan suara 50.00 % yang mampu,. Mimik 45.83 % yang mampu. Kefasihan 54.16 % yang mampu. Kemampuan siswa hanya berada pada kriteria 48.33 % yang kategori mampu dan pada siklus II meningkat menjadi kelancaran berbicara 83.33 % yang mampu. Kemampuan berbicara 83.33% yang mampu. Kenyaringan suara 75 % yang mampu. Mimik 75 % yang mampu. Kefasihan berbicara 91.66 % yang mampu,. Kata Kunci: Berbicara, Pendekatan komunikatif,