Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Petunjuk Melalui Benda Konkrit Di Kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: WIRCE K. TUTU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411366/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-petunjuk-melalui-benda-konkrit-di-kelas-iv-sdn-2-moluo-kecamatan-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Wirce K. Tutu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Petunjuk Melalui Benda Konkrit Di Kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program PPKHB urusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa membaca petunjuk melalui benda Konkrit di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca petunjuk melalui benda konkrit di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal hanya sebanyak 9 siswa (33.33%) yang mampu membaca petunjuk. Saat dilakukan tindakan siklus I diperoleh peningkatan menjadi 19 siswa (70.37%). Pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 24 siswa (88.89%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda Konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca petunjuk di kelas IV SDN 2 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Petunjuk. Benda Konkrit.