MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) DI KELAS V SDN 1 TOLINGGULA PANTAI

Main Author: ALI MARLIA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411360/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materialat-pencernaan-makanan-manusia-melalui-modelpembelajaran-kooperatif-tipe-student-teamachievement-devisions-stad-di-kelas-vsdn-1-tolinggula-pantai.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ali Marlia. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Pencernaan Makanan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) Di Kelas V SDN I Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd , dan pembimbing II. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM. Rumusan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 1 Tolinggula Pantai pada materi alat pencernaan makanan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan pada siklus I diperoleh bahwa hasil belajar siswa sebesar 73.57%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 78.92% atau terjadi peningkatan sebesar 5.35% dari hasil pelaksanaan siklus I. Disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan pada manusia di kelas V SDN 1 Tolinggula Pantai. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student-Team Achievement Devisions (STAD), Hasil Belajar Siswa