Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango

Main Author: SARTON ABDULLAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Sas
Di
I
Sdn
3
Ulu
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411347/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-permulaan-melalui-metode-sas-di-kelas-i-sdn-3-bulango-ulu-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK   Sarton Abdullah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permsalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode SAS Kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN 3 Bulango Ulu kemampuan pada siklus I sejumlah 12 orang atau sebesar 66.67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang atau sebesar 94.44%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan  siswa membaca permulaan di kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode SAS   Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode SAS.