MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN 06 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Tahun
Main Author: | ISKANDAR SALEH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411342/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-konduktor-dan-isolator-panas-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-student-teams-achievement-divisions-stadpenelitian-tindakan-kelas-pada-siswa-kelas-vi-sdn-06-tilongkabila-kabupaten-bone-bolango-tahun.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Iskandar Saleh. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konduktor dan Isolator Panas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI SDN 06 Tilongkabila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konduktor dan isolator panas? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi konduktor dan isolator panas di kelas VI SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango melalui penerapan model pembelajaran tuntas pada siklus I ini hanya sebanyak 11 orang (47,83%) dengan nilai rata-rata kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yang mana jumlah siswa yang kelas sebesar 71,39. Karena siklus I belum mencapai indicator kinerja yang ditetapkan, maka penelitian dilanjutkan dengan siklus II untuk sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yang mana jumlah siswa yang tuntas telah meningkat menjadi 21 orang (91,30%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,91. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi konduktor dan isolator panas. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif, STAD