Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah Dengan Teknik Menyimpan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | NUR YULYANTI R. ABAS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411333/meningkatkan-kemampuan-menjumlah-bilangan-cacah-dengan-teknik-menyimpan-melalui-metode-bermain-pada-siswa-kelas-ii-sdn-2-tolinggula-pantai-kecamatan-tolinggula-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- Nur Yulyanti Abas. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah Dengan Teknik Menyimpan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah metode bermain dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SDN 2 Toloinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Pantai Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan melalui metode bermain pada siswa kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 tahapan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi dan analisis dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat sejumlah 19 orang atau 73.08% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas dan belum mampu sejumlah 7 orang atau 26.92%, sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu minimal 75% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II terdapat sejumlah 23 orang atau 92.31% siswa memperoleh nilai 70 ke atas dan belum mampu sejumlah 2 orang atau 7.69%, dengan demikian indikator telah tercapai dan penelitian dianggap tuntas. Simpulan bahwa metode bermain meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Kemampuan, Bilangan Cacah, Metode Bermain.