Meningkatktan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 1 Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: ZUMRIYATI DUNGGIO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411330/meningkatktan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sifat-sifat-benda-cair-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iv-sdn-1-didingga-kecamatan-biau-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zumriyati Dunggio. 2013. Meningkatktan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 1 Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, M.Pd, Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda cair di kelas IV SDN 1 Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda cair melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 1 Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 23 siswa kelas IV SDN 1 Didingga Kabupaten Gorontalo Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75 sebanyak 17 siswa dengan presentase 74%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 23 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda cair di kelas IV SDN 1 Didingga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen.