PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS II SDN 18 TIBAWA KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: MELISA HASAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
Ii
Sdn
18
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411313/pengaruh-penggunaan-media-audio-visual-terhadap-hasil-belajar-siswa-di-kelas-ii-sdn-18-tibawa-kecamatan-tibawa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Melisa Hasan 2015, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas II SDN 18 Tibawa. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa di Kelas II SDN 18 Tibawa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling random. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa pada kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah di uji validitas dan realiabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan SPSS, data hasil perhitungan rata-rata pretest diperoleh hasil thitung sebesar 7,435, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Maka dapat di katakan bahwa thitung >ttabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas II. Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar