Kemampuan Siswa Menentukan Pokok Pikiran Pada Paragraf Berdasarkan Wacana Di Kelas IV SDN 3 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo

Main Author: FITRI LESTARI UMAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411310/kemampuan-siswa-menentukan-pokok-pikiran-pada-paragraf-berdasarkan-wacana-di-kelas-iv-sdn-3-tabongo-kecamatan-tabongo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitri Lestari Umar. 2013. Kemampuan Siswa Menentukan Pokok Pikiran Pada Paragraf Berdasarkan Wacana Di Kelas IV SDN 3 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaiamankah kemampuan siswa di kelas IV SDN 3 Tabongo Kecamatan Tabongo dalam menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV SDN 3 Tabongo dalam menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana. Setting penelitian ini diadakan di SDN 3 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari tahap persiapan,tahap observasi, wawancara dan tahap penelitian. Hasil penelitin menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menentukan pokok pikiran pada paragraf dapat ditingkatkan dengan menggunakan wacana sebagai media pembelajaran. Pada tahap observasi diketahui bahwa dari 29 siswa yang ada di kelas IV SDN 3 Tabongo, dari pembelajaran minggu pertama kemampuan rata-rata siswa dalam menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana hanya sebesar 41.38% atau hanya 12 orang dari 29 siswa yang mampu menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana, namun setelah diberikan penjelasan dan contoh oleh guru, pada pertemuan minggu ke dua kemampuan siswa meningkat menjadi 89.65% atau 26 dari 29 siswa yang ada di kelas IV SDN 3 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo telah mampu menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemempuan siswa dalam menentukan pokok pikiran pada paragraf berdasarkan wacana dapat meningkat dengan adanya bimbingan dan motivasi dari guru serta situasi belajar yang kondusif,sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Pokok Pikiran, Paragraf