MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PUISI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS III SD LABORATORIUM UNG KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

Main Author: RISNA MARDIN ALAMATI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sd
Ung
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411304/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-puisi-melalui-metode-pemberian-tugas-di-kelas-iii-sd-laboratorium-ung-kecamatan-kota-selatankota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Risna Alamati 2013 Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas di kelas III SD laboratorium UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode pemberian tugas kemampuan siswa membaca puisi dapat ditingkatkan pada siswa kelas III SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo? Adapun tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas di kelas III SD Laboratorium UNG Kecamatan Kota selatan Kota Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode pemberian tugas, dan subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas III SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo. Hasil kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas dapat ditingkatkan, Dengan rincian perolehan sebagai berikut : siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa dalam membaca puisi melalui metode pemberian tugas siswa dengan perolehan nilai minimal 75 nampak hanya 14 orang siswa atau 67 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam membaca puisi telah meningkat hingga mencapai 95 % dari hasil sebelumnya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan metode pemberiian tugas pada siswa kelas III SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo hasil kemampuan siswa membaca puisi meningkat. Kata kunci : Kemampuan dan Metode pemberian tugas