MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ENERGI GERAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SDN NO. 82 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Main Author: YULAN ABDULLAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sdn
No.
82
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411299/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-konsep-energi-gerak-melalui-metodedemonstrasi-di-kelas-iii-sdn-no-82-kota-tengah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yulan Abdullah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Energi Gerak Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd M.Pd Masalah penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep energy gerak di kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada energy gerak melalui metode demonstrasi di kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan di SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo kelas III dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari laki-laki 12 perempuan 8 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi energy gerak. Dari kegiatan hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa pada data observasi awal prosentase ketuntasan hasil belajar hanya 25 % atau 5 orang siswa yang tuntas. Siklus I menjadi 35 % atau 7 orang siswa. Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase hasil belajar menjadi 90 % atau 18 orang siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi pada materi tentang energy gerak pada pelajaran IPA terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Kata Kunci : energy gerak, metode demonstrasi.