Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Alternatif Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo

Main Author: SISKA S. ADU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
15
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411290/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-energi-alternatif-melalui-pendekatan-keterampilan-proses-di-kelas-iv-sdn-15-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siska S. Adu 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Alternatif Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 15 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energy alternatif? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi alternatif melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN 15 Limboto Kec. Limboto Kab. Gorontalo. Melalui penerapan pendekatan keterampilan proses, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 15 orang siswa dari 28 orang siswa, atau sebanyak 53,57%. dan untuk daya serap siswa 73,93%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses pada proses pembelajaran, belum mencapai indicator kinerja. Oleh karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 24 orang siswa atau 85,71%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 87,14%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 13,22%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada energi alternatif. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses.