MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS III SDN NO. 01 ILANGATA KECAMATAN ANGGREK KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: DEWI MULIANINGSIH LENGKOANO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iii
Sdn
No.
01
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411289/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-energi-dalam-kehidupan-sehari-hari-melalui-metode-problem-solving-di-kelas-iii-sdn-no-01-ilangata-kecamatan-anggrek-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK DEWI MULIANINGSIH LENGKOANO. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari Melalui Metode Problem Solving di Kelas III SDN No. 01 Ilangata Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd., Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari-hari? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi dalam kehidupan sehari melalui metode problem solving di kelas III SDN No. 01 Ilangata Kec. Anggrek Kab. Gorontalo Utara. Melalui penerapan metode problem solving, pada siklus I, data yang diperoleh yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 15 orang siswa dari 31 orang siswa, atau sebanyak 48,38%. dan untuk daya serap siswa 70,00%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode problem solving, belum mencapai indicator kinerja. Oleh karena indicator kinerja belum terpenuhi maka dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II, data yang diperoleh mengalami peningkatan yang siknifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 25 orang siswa atau 80,64%. Sedangkan untuk daya serap pada siklus II yaitu 85,48%. Kalau kita melihat hasil perolehan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar sebesar 15,48%. Berdasarkan hasil capaian tersebut di atas maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar, metode problem solving.