MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SDN 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | RAHMAWATI ISA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411286/meningkatkan-kemampuan-berbicara-pada-siswa-melalui-metode-bermain-peran-di-kelas-v-sdn-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keberanian dan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan mengguanakan teknik pengumpulan data. Hasil observasi awal kemampuan berbicara siswa hanya 9 siswa atau 31 % yang berani dan mampu berbicara dengan baik, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 62 % atau 18 siswa yang sudah mampu berbicara dengan baik dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89 % atau 26 siswa yang sudah berani dan berbicara dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara pada siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.