MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SDN 1 KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: RAHMAWATI ISA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
V
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411286/meningkatkan-kemampuan-berbicara-pada-siswa-melalui-metode-bermain-peran-di-kelas-v-sdn-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keberanian dan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan mengguanakan teknik pengumpulan data. Hasil observasi awal kemampuan berbicara siswa hanya 9 siswa atau 31 % yang berani dan mampu berbicara dengan baik, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 62 % atau 18 siswa yang sudah mampu berbicara dengan baik dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89 % atau 26 siswa yang sudah berani dan berbicara dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara pada siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.