MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) TENTANG MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN INPRES PELAMBANE KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO PROVINSI GORONTALO

Main Author: RAHMAT HI. ABD. KADIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411283/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-pembelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-tentang-materi-globalisasi-melalui-model-pembelajaran-think-pair-share-di-kelas-iv-sdn-inpres-pelambane-kecamatan-randangan-kabupaten-pohuwato-provinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rahmat Hi. Abd. Kadir. 151 411 283. Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Tentang Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas IV SDN Inpres I Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Tentang Materi Globalisasi Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas IV SDN Inpres I Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas IV SDN Inpres I Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Kelas IV SDN Inpres I Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Adapun teknik pengumpulan data ini adalah menggunakan teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan tindakan siklus I siswa yang paham sejumlah 23 orang atau persentase 72% dan 9 orang belum paham atau sebesar 28%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share, dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran tentang materi globalisasi Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas IV SDN Inpres I Pelambane Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Materi Globalisasi, Model Pembelajaran Think-Pair-Share